Minggu, 07 Juni 2009

Pemekaran Maluku Barat Daya Dilanjutkan


Kabupaten Maluku Tenggara Barat adalah sebuah kabupaten di Provinsi Maluku, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Saumlaki.

Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 46 Tahun 1999, pemekaran dari Kabupaten Maluku Tenggara. Pada tahun 2008, sebagian wilayah kabupaten ini dimekarkan menjadi Kabupaten Maluku Barat Daya.

Ambon, Kompas - Setelah sempat terhenti, pembahasan usulan pemekaran Kabupaten Maluku Barat Daya dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, dilanjutkan dan ditargetkan selesai akhir tahun 2007. Maluku Barat Daya dimekarkan untuk memudahkan kontrol pembangunan dan keamanan karena meliputi beberapa pulau yang berbatasan dengan Timor Leste.

"Maluku Barat Daya ini ada spesifikasi khusus sehingga harus tetap dimekarkan, yaitu terdiri atas beberapa pulau yang berbatasan dengan Timor Leste. Ini merupakan daerah penyangga yang harus dimekarkan," kata Septinus Hematang, Ketua Forum Pemekaran Maluku Barat Daya, Rabu (14/3).

Letak geografis Maluku Barat Daya yang berada di perbatasan Indonesia-Timor Leste itu selama ini menyulitkan pengawasan oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Akibatnya, pembangunan di wilayah yang meliputi Pulau Wetar, Kisar, Leti, Moa, Lakor, Romang, Moupora, Damer, Luang, Sermata, Babar Timur, dan Babar Barat sangat tertinggal. Pemekaran merupakan pilihan realistis untuk memperbaiki rentang kendali guna mempercepat pembangunan.

Roni, warga asal Kisar, menyatakan, pemekaran diharapkan bukan sekadar tuntutan otonomisasi. Pemekaran harus mampu mengatasi masalah kronis di Maluku Barat Daya, yaitu lemahnya pelayanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, dan transportasi antarpulau.

Rancangan Undang-Undang (RUU) pemekaran Maluku Barat Daya, lanjut Septinus, yang juga Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku itu, sejak Januari lalu dibahas kembali oleh DPRD. Pengesahannya ditargetkan sekitar Oktober-November. Pembahasan itu bersamaan dengan RUU pemekaran Kabupaten Buru Selatan dari Kabupaten Buru.

Pemekaran Maluku Barat Daya juga didukung dari Pemkab Maluku Tenggara Barat dan Pemerintah Provinsi Maluku. Pemkab Maluku Tenggara Barat telah membangun sejumlah fasilitas untuk kabupaten baru di Tiyakur, Pulau Moa, yang akan dijadikan ibu kota Maluku Barat Daya. (ANG)

Krizt Zacky

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar